Feedback

Rabu, 15 Juni 2011

Perbedaan KB/s dan Kb/s (kbps)

       Sebelumnya saya binggung didepan-depan warnet biasa tertera tulisan speed 2.0 Mbps atau berapalah pokoknya mah bkin tergiur... wewwewwew.  saya langsung mencoba ke warnet tersebut ketika saya browsing di warnet tersebut .. "loh kok kec. downloadnya ga 2 Mbps??" ya kira2 hannya +- 250 kBps  saya bertannya-tanya disitu. lalu saya browsing di internet mencari2 "apa itu Kbps??" akhirnya saya menemukan jawabannya ternyata ada perbedaan arti antara KBps dan Kbps.  Jika dilihat sekilas tidak ada Perbedaan KB/s dan Kb/s (kbps) . Tapi, coba kalau diteliti lebih detail lagi ternyata perbedaannya hanya huruf kapital di B atau b. Bukan hanya di situ!!
Dalam measurement KB/s dan Kb/s (kbps) memiliki perbedaan besar, yaitu +/-  8 kali lipat
Karena;  Satu digit biner diwakili oleh 2 pilihan angka, Bisa angka 0 (nol) dan atau angka 1 (satu).
Nah, 1 digit biner inilah yang disebut dengan bit yang dilambangkan dengan b (huruf kecil).
Sedangkan, byte adalah kombinasi dari 8 buah bit, Perhitungannya kira-kira: 2^8 [2 pangkat 8], jadi…. ada 256 kemungkinan.
Oleh Karena itu, rentang bilangan byte adalah antara 0 sampe 255 yang dilambangkan dengan B (huruf  besar / capital). Jadi 1 byte= 2 pangkat 8 bit = 256 bit
Selain itu, ada juga word, yaitu kombinasi 2 buah bilangan byte atau 16 digit bilangan bit. Total kombinasinya ada 65536.
Biasanya, measurement dalam ukuran file menggunakan Kilo byte (KB). Hal inilah yang menyebabkan kekeliruan pengertian antara kilo bit per second (kbps) dengan kilo byte perscond (KB/s).
Jadi,
1 Kb/s (kbps)= 128 B/s sedangkan  1 KB/s = 8 b/s
1 Mb/s (Mbps)= 128 KB/s sedangkan 1 MB/s = 8 Mb/s
Semoga artikel ini mermanfaat jangan sampe salah lagi ya hihihi....... ^_^
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar